TEORI SISTEM

DOWNLOAD DISINI
https://drive.google.com/open?id=13s1lRJ8HDC8Ht2Xy5mtShA0wC0wrCvTi

Komentar

  1. Hadir bu
    Apriyanti Wardhani
    Nim: 201712003

    Maaf bu saya ingin bertanya, dalam materi teori sistem, adakah kasus dalam kebidanan yang mengenai teori tersebut? Mohon penjelasan nya bu. Trmksih...

    BalasHapus
  2. Sistem adalah kesatuan/ rangkaian dari komponen yang ada dalam sebuah manajemen atau sistem. kalau dalam kasus kebidanan misalnya dalam manajemen penanganan resti pada kehamilan. misalnya dalam kasus resiko tinggi ibu dengan usia kehamilan diatas 35 tahun. secara teori usia > 35 tahun adalah usia beresiko. untuk mempersiapkan persalinan lancar maka diperlukan kerjasama antara berbagai pihak. disini usia 35 tahun adalah kasusnya, hal yang mau dicapai adalah persalinan yang aman dan lancar. berbagai pihak adalah komponen-kompenen yang membantu untuk mewujudkan tujuan tersebut. sehingga untuk mewujudkan persalinan yang aman dari seorang ibu yang memiliki resiko tinggi (usia > 35 th), komponen yang harus dilibatkan adalah 1) petugas kesehatan sebagai promosi kesehatan yang memberikan pendidikan kesehatan mengenai persalinan resiko tinggi, 2) ibu sendiri sebagai perilaku preventif, dalam arti kata ibu yang memiliki usia > 35 th harus ebih mempersiapkan diri baik secara fisik (nutrisi, istirahat, eliminasi, hygine, pemeriksaan kehamilan dll) maupun secara mental (cemas, bingung, dll), serta dalam hal financial. selain itu pihak lain yang ikut berperan dalam sistem ini adalah masyarakat misalnya kader membantu mendeteksi dini ibu hamil resti, masyarakat, membantu mempersiapkan donor darah, membantu mempersiapkan ambulan desa, dll. kalau dari semua komponen ini berhasil dilaksanakan kemungkinan tujuan daripada persalinan yang aman tersebut akan tercapai.

    BalasHapus
  3. kemudian juga dalam hal rehabilitatif bisa dilibatkan rumah sakit setempat apabila ibu hamil beresiko tinggi tersebut mengalami komplikasi yang membutuhkan rujukan.

    BalasHapus

Posting Komentar